Bisnis Entrepreneur Karir Sukses

Tips membuka bisnis kuliner secara online

Bisnis online memang mulai banyak diminati di zaman sekarang. Selain modalnya yang minim, bisnis online juga memudahkan transaksi antara pembeli dan penjual. Hampir semua produk bisa dijual secara online mulai dari fashion, elektronik, hingga kuliner. Namun membuka bisnis online dalam bidang kuliner mungkin bisa dibilang gampang – gampang susah. Karena konsumen tidak bisa merasakan langsung makanan tersebut. Berikut beberapa tips untuk anda yang ingin membuka bisnis online dibidang kuliner.

Yang pertama : Tentukan merek dari bisnis kuliner anda.

Merek merupakan sesuatu yang sangat penting untuk suatu produk. Dengan merek konsumen dapat mengenal produk anda dengan mudah dan membedakan produk anda dan produk lain yang sejenis. Oleh karena itu sebelum membuka bisnis tentukan terlebih dahulu merek dari produk anda. Gunakanlah kata atau simbol logo yang mudah diingat namun unik agar konsumen mudah mengingat produk anda. Pastikan juga merek yang anda gunakan sesuai dengan produk yang anda buat.

Yang kedua : Buat menu andalan anda.

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang popular saat ini. Oleh karena itu pasti dalam membuka bisnis kuliner pasti memiliki banyak pesaing. Oleh karena itu untuk dapat bersaing dengan pesaing anda dibutuhkan suatu trik yang salah satunya menciptakan menu andalan anda. Buatlah sebuah menu yang unik, enak dan menarik bagi konsumen anda. Jadikan menu tersebut sebagai bintang di bisnis kuliner anda. Dengan begitu maka konsumen akan merasa tertarik untuk mencobanya.

Yang ketiga : Buat website sebagai katalog produk anda.

Banyak orang yang beranggapan dalam membuat bisnis online tidak harus memerlukan sebuah website karena sudah ada marketplace yang menggantikannya. Namun itu salah, website masih tetap dibutuhkan untuk bisnis online sebagai media promosi anda.

Buatlah sebuah website dengan semenarik mungkin yang menampilkan menu dari produk kuliner anda. Jangan lupa tampilkan foto menu produk kuliner anda dengan semenarik mungkin dan juga jelaskan deksripsi dari menu makanan yang anda buat. Dikarenakan konsumen anda tidak dapat merasakan langsung produk yang mereka beli maka dengan menampilkan foto dan dekripsi dari menu makanan anda bisa memberikan sedikit imajinasi tentang menu makanan anda kepada konsumen anda.

Baca Juga : Beberapa tips untuk mengubah hobi menjadi bisnis

Yang keempat : Buat konsumen nyaman dengan pelayanan anda.

Meskipun kita tidak bertatap langsung dengan konsumen namun kita harus memberikan pelayanan yang dapat membuat konsumen nyaman. Caranya dengan menanggapi pesanan mereka dengan cepat atau menjawab pertanyaan – pertanyaan yang mereka tanyakan tentang produk kita dengan jelas. Selain itu juga jaga kualitas rasa dari menu makan anda, jangan sampai setelah mereka merasakan menu makanan anda mereka menjadi kecewa dan memberikan rating buruk pada bisnis anda.

Yang kelima : Perhatikan pengiriman barang.

Pastikan makanan yang anda buat adalah jenis makanan kering atau makanan instant yang tahan lama jika disimpan beberapa hari. Yang apabila dikirim dengan jasa ekpedisi hingga keluar kota atau pulau yang memakan waktu berhari – hari, makanan tersebut masih awet dan bisa dikonsumsi. Namun jika makanan yang anda buat merupakan jenis cake, tart atau makan basah, maka berikan pilihan pengiriman untuk dalam kota saja dan juga berikan garansi apabila makan yang sampai tidak sesuai dari bentuk maupun komposisinya.

Demikian beberapa tips untuk anda yang berpikiran ingin membuka bisnis kuliner dengan media online. Selain beberapa tips tadi pastikan juga anda terus menambah wawasan tentang produk makanan anda agar tidak ketinggalan dengan pesaing – pesaing anda.

Referensi :

https://jarvis-store.com/artikel/7-langkah-untuk-memulai-bisnis-kuliner-online

Add Comment

Click here to post a comment