Entrepreneur Karir Sukses

Buang hal – hal berikut dari CV mu

CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup merupakan hal yang sangat penting bagi kita yang ingin melamar pekerjaan. Dengan adanya CV maka perusahaan dapat mengetahui siapa kita, pengalaman kita dan kualifikasi yang kita miliki.

Namun dalam membuat sebuah daftar riwayat hidup harus memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah jenis perusahaan apa yang kita ingin lamar. Dengan mengetahui lebih jelas perusahaan yang ini kita lamar maka kita dapat membuat CV yang sesuai dengan perusahaan tersebut.

Selain itu juga dalam membuat CV kita tidak perlu mencantumkan semua hal tentang diri kita. Hanya sebagian hal saja yang menurut kita termasuk ke dalam kriteria perusahaan yang ingin kita lamar.

Berikut beberapa hal yang perlu kita buang dalam CV atau daftar riwayat hidup kita :

Yang pertama : pengalaman kerja.

Pengalaman kerja memang suatu hal yang sangat penting dalam sebuah CV atau daftar riwayat hidup. Sebuah perusahaan pasti akan mempertimbangkan seseorang jika sudah memiliki pengalaman kerja. Namun perlu kita perhatikan lagi apakah pengalaman kerja yang kita miliki sesuai dengan pekerjaan yang ingin kita lamar.

Baca juga : Menentukan bisnis usaha dengan modal kecil

Contoh, jika kita memiliki pengalaman kerja sebagai montir sedangkan pekerjaan yang ingin kita lamar adalah sebagai marketing. Dengan mencantumkan pengalamn kerja kita yang sebagai montir maka perusahaan tersebut akan bingung dalam menilai kita bisa jadi mereka malah tidak tertarik dengan kita.

Yang kedua : skill atau keahlian.

Memiliki skill atau keahlian merupakan nilai tambah yang dapat membuat sebuah perusahaan melirik kita. Dengan mencantumkan skill atau keahlian kita di CV atau daftar riwayat hidup maka perusahaan dapat mengetahui apa saja keahlian kita. Namun perlu diperhatikan keahlian apa saja yang bisa kita cantumkan di daftar riwayat hidup kita yang sekiranya sesuai dengan pekerjaan yang ingin kita lamar.

Yang ketiga : data pribadi.

Banyak orang yang mencantumkan data pribadi di CV atau daftar riwayat hidup mereka. Sehingga membuat daftar riwayat hidup mereka terlihat ramai dan penuh. Cukup cantumkan data pribadi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, email, dan nomor telpon. Hal – hal seperti hobi, jenis kelamin, golongan darah, status, dan hal lainnya tidak perlu dicantumkan.

Yang keempat : Ketahui kekurangan dan kelebihan dari hobi anda.

Pastikan terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan hobi yang kita miliki jika nanti kita mengubahnya menjadi sebuah bisnis. Jangan sampai lebih banyak kekurangannya dibanding kelebihannya jika kita mengubahnya menjadi sebuah bisnis. Jika seperti itu maka kita gunakan hobi lain yang memiliki kelebihan lebih banyak sehingga dapat menguntungkan bisnis yang kita buka. Kemudian ingatlah bahwa tujuan kita adalah menjadikan hobi kita menjadi bisnis artinya kita harus mendapatkan keuntungan dari hobi tersebut bukannya malah kerugian.

Baca juga : Tutorial Membuat CV Menarik Menggunakan Ms.Word

Demikian beberapa hal yang perlu anda buang dari CV atau daftar riwayat hidup anda. Namun jika dirasa beberapa hal tadi memang perlu dicantumkan maka cantumkan saja, karena itu adalah CV atau daftar riwayat hidup anda.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Curriculum_vitae

Add Comment

Click here to post a comment